January 11, 2012

"Coret-coret" in *everywhere*

Tadi gue dapet tugas bikin laporan tentang pengamatan perilaku yang melanggar etika.. *pelajaran PLH*
Dan bisa disimpulkan penyebab kita (baca=siswa) mencoret-coret dikarenakan, berbagai hal antara lain adalah :
  1. Iseng. Anak2 kayak kita ini kan sukanya iseeng mulu' *ngaku deh? =P
  2. Kepepet. Bayangin deh, kalo ulangan mtk, kertas buram kita udah penuh, tapi kita butuh ngitung, apa yang terjadi?? ngga ada buram, meja-pun jadi =P . Dan *psst* kalo mau ulangan tp ga belajar.. *kalian taulah =P
  3. Kreatifitas. Ini lebih ditekankan kpda anak2 yang "istimewa",yaitu mereka yang tangannya tu ngga bisa diem barang sedetik aja, apapun yang ada di depan mereka, pasti deh dimainin, terlebih kalo mereka bawa pulpen.. Yang namanya tembok, meja, bangku, tas temen, kotak pensil, bahkan bungkus penggarispun bisa bergambar dengan keberadaan mereka *pengalaman* -_-"
  4. Galau. Nah ini nih, masalah kita2 jaman sekarang, kerjaannya galauuuu mulu, akhirnya apapun di depan kita pasti jadi sasaran =D
  5. dll, dsb, dst.. =))
Nah dari situ, kita cari cara gimana supaya kebiasaan itu bisa hilang (berkurang maksudnya, kalo hilang itu masih mustahil -_-) :
  1. Sadar diri. Hallo, kalian udah sekolah, berpendidikan, masak ga sadar2 sih kalo bangku itu hak kita jadi suka2 kita dong *nah lho??* SALAAAH!!! Maksud gue, bangku itu hak kita, dan kita harus ngejaga apapun yang kita miliki :)
  2. Ketegasan hukum. Di sekolah kan ada tuh yang namanya poin dan hukuman, harusnya itu dilakukan secara nyata jangan cuma gertakan doang..
  3. Menyediakan tempat berkreasi untuk anak yang ngga bisa ngontrol tangannya =P
Oke, sekian dari saya *udah cuma gitu doang??* yah, emang!! Mau gimana lagi coba??

No comments:

Post a Comment